Ciptakan Dlimas yang BEDA SETAMAN
(Bersih, Damai, Subur, Tentram dan Aman)

Jumat, 12 Desember 2014

PEMBANGUNAN MASJID

DLIMAS - Prosesi pembongkaran masjid "NURUL HUDA" Desa Dlimas Kec. Banyuputih Kab. Batang pada tanggal 26 Januari 2014 mulai pukul 06.00 sampai selesai.
Rencananya, Masjid Nurul Huda Desa Dlimas ini akan di rehab menjadi masjid megah di tengah-tengah Desa. Masjid ini akan berlantai dua dengan desain Interior dan Eksterior yang sangat megah.
Sang Arsitek masjid, akan mendesain masjid ini dengan nuansa hijau muda, dengan dua menara tinggi di samping kanan dan kiri badan masjid.
Panitia Pembangunan masjid Nurul Huda Desa Dlimas ini dipimpin oleh Bapak Rampli dari Dlimas RT 02 Rw 03. Beliau adalah orang yang sangat cekatan dan cerdas, beliau berkomitmen akan sukses dalam pembangunan masjid Nurul Huda ini dalam waktu yang telah direncanakan sebelumnya.
Masjid Nurul Huda Desa Dlimas ini sekarang berubah nama menjadi "MASJID JAMI' NURUL HUDA". Penambahan kata "Jami'" yaitu bertujuan sebagai pemersatu masyarakat. "Jami' itu sendiri artinya adalah penyatu, jadi kami mengharapkan seluruh masyarakat dukuh Dlimas bersatu padu dalam pembangunan demi kesejahteraan Desa Dlimas" tutur Bapak Rampli selaku ketua panitia pembangunan Masjid Jami' Nurul Huda.
Dana yang digunakan dalam pembangunan masjid ini tidak lepas dari kerja sama masyarakat Desa Dlimas dan sekitarnya. Sistem penggalangan dana ini yaitu dengan cara "Nabung". Nabung disini bukan berarti menabung di rumah sendiri atau di bank, melainkan menabung dengan menggunakan sistem "Jimpitan" yang tiap harinya diisi dan dicatat pada lembar kertas yang tertera di dinding/tembok rumah masing-masing Kepala Keluarga untuk kemudian di kumpulkan di bendahara.
Penabungan ini di ambil oleh petugas ronda malam setiap harinya. Jika ada rumah yang belum mengisi, akan di ketok pintunya kemudian ditanya "ngisi jimpitan pora?". Jika sang kepala keluarga atau yang mewakili menjawab "ngisi", yang bertugas mengambil jimpitan tersebut akan menunggu uang yang akan di masukkan ke tabungan dan selanjutnya ditulis di lebar kertas yang tertera di dinding.
Selain dari masyarakat dukuh Dlimas, dana pembangunan masjid ini juga dari dermawan-dermawan agama yang menyumbangkan sedikit hartanya untuk masjid (donatur). Baik dari luar dukuh Dlimas maupun luar Desa Dlimas. Penyumbangan dana ini dapat melalui Panitia langsung atau melalui transfer Bank.