Ciptakan Dlimas yang BEDA SETAMAN
(Bersih, Damai, Subur, Tentram dan Aman)

Kamis, 27 November 2014

BIMBINGAN BELAJAR


Bimbingan Belajar Untuk SDN 1 Dlimas


Peserta Bimbingan Belajar


Kegiatan Bimbingan Belajar



Pengertian bimbingan belajar menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut :

Sukardi:
Belajar adalah suatu proses “stamping in” (diingat), forming, hubungan antara stimulus dan respons. Pembentukan hubungan atau koneksi antara stimulus dan respons, da penyelesaian masalah (problem solving) yang dapat dilakukan dengan cara trial and error (coba-coba).

Bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi sesuai,dan dalam mengatasi kesukaran kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntunan-tuntunan belajar disuatu institusi pendidikan
L D Crow dan A Crow:
Bimbingan belajar merupakan suatu bantuan yang dapat diberikan oleh seseorang yang telah terdidik pada orang lain yang mana usianya tidak ditentukan untuk dapat menjalani kegiatan dalam hidupnya.
A J Jones:
Bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan seseorang pada orang lain dalam menentukan pilihan dan pemecahan masalah dalam kehidupannya.
Prayitno & Amti:
Bimbingan belajar adalah salah satu bentuk bimbingan yang diselenggarakan di sekolah. Pengalaman menunjukan bahwa kegagalan-kegagalan yang dialami siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan oleh kebodohan atau rendahnya intelegensi, seringkali kegagalan itu terjadi disebabkan mereka tidak mendapat layanan bimbingan yang memadai
Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar:
Suatu bentuk kegiatan dalam proses belajar yang dilakukan oleh seseorang yang telah memiliki kemampuan lebih dalam banyak hal untuk diberikan kepada orang lain yang mana bertujuan agar orang lain dapat menemukan pengetahuan baru yang belum dimilikinya serta dapat diterapkan dalam kehidupannya.

Dengan diadakan kegiatan bimbingan belajar ini diharapkan berbagai pihak baik pengajar atau peserta didik memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.

Bimbingan Belajar di MI Islamiyah Dlimas


Kegiatan bimbel kelas 4


Kegiatan bimbel kelas 5


Kegiatan bimbel kelas 6

Bimbingan belajar MI Islamiyah didesa Dlimas ini berlangsung 2 kali dalam seminggu yaitu pada hari kamis dan jumat pada pukul 14.00. Bimbel ini merupakan program kerja Kuliah Kerja Nyata UNNES selama di desa Dlimas. Tujuan Bimbel ini untuk menambah ilmu pengetahuan siswa. Bimbel ini diperuntukan untuk kelas 4, 5, dan 6 dimana tempat pelaksanaannya di sekolah MI Islamiyah.


Posted by : KKN UNNES Ds. Dlimas 2014